PELATIHAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI VN PADA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS

Penulis

  • Wildan Aji Saputra Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Irfan Fatkhurohman Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tegar Roli Anugrafianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.70340/japamas.v2i2.122

Kata Kunci:

Learning Video, VN Video Editor, Smartphone Video Editing

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian para guru-guru                                              Sekolah Menengah Atas (SMA) di bidang editing video khususnya untuk aplikasi editing video menggunakan perangkat mobile atau smartphone. VN video editor adalah aplikasi editing video yang dirancang khusus untuk perangkat mobile atau smartphone. Aplikasi ini sangat cocok untuk para                   guru-guru di SMA yang ingin melakukan editing video dimana saja dan kapan saja melalui smarthphone yang mereka gunakan. Pemanfaatan media pembelajaran melalui video saat ini, sangat banyak digunakan dan diterapkan hampir diseluruh sekolah bahkan perguruan tinggi. Hal ini dimanfaatkan sebagai kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan yang dilakukan kepada guru-guru SMA.     Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru di Purwokerto yang tidak memiliki latar belakang keilmuan teknologi informasi serta dituntut harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan metode audio visual. Hasil dari evaluasi kegiatan pelatihan ini guru-guru sudah bisa membuat video pembelajaran dengan menggunakan perangkat VN video editor untuk mengdukung para peserta didik mereka supaya kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ammy, P.M., Maisyarah, & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Matematics Paedagogic. 5(1): 27-35.

Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media YouTube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif Pada Ana Usia Dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 199–208.

Purmadi, Ary, dkk. 2021. Pemanfaatan Aplikasi VN Untuk Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Telepon Pintar Kepada Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No.1. 2021.

Putry, H. M. E., Venia, N. A, Rofiatus, S., & Danial, H. (2020). Video based learning sebagai tren media pembelajaran di era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah. 5(1): 1- 24.

Handayanti, A., Sri, H., & Indrawati. (2019). Penggunaan video fenomena pada materi pesawat sederhana sistem katrol untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019. 4(1): 27-30.

Hermawan, R., Darlius, & Zulherman. (2019). Pengembangan multimedia interaktif berbasis visual program studi pendidikan teknik mesin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), 185–93.

Qoyimah, N. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi VN pada pembelajaran bahasa indonesia SMP. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 5(2): 12-18.

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles