Strategi Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca pada anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.70340/japamas.v3i1.128Kata Kunci:
Literasi membaca, Strategi Pembelajaran, Motivasi Membaca, Pembelajaran InteraktifAbstrak
Dalam rangka meningkatkan literasi membaca di kalangan anak-anak sekolah dasar di panti asuhan, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dirancang untuk menerapkan dan mengevaluasi berbagai strategi pembelajaran interaktif. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca, sekaligus meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri anak-anak dalam membaca. PKM ini melibatkan 50 anak dari dua panti asuhan yang berbeda, dimana masing-masing panti asuhan menerapkan strategi yang berbeda, termasuk sesi membaca bersama, diskusi kelompok, dan penggunaan materi bacaan yang variatif dan menarik. Metodologi yang digunakan mencakup evaluasi kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan skor literasi membaca, sementara data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dengan pengasuh dan feedback dari anak-anak. Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam skor literasi membaca anak-anak, dari rata-rata 60 di awal program menjadi 82 setelah pelaksanaan program. Selain itu, feedback positif diterima dari anak-anak dan pengasuh, yang menunjukkan peningkatan minat dan kepercayaan diri dalam membaca. Beberapa tantangan diidentifikasi selama implementasi, termasuk kebutuhan untuk akses yang lebih besar terhadap berbagai materi bacaan dan perlunya strategi keberlanjutan program. PKM ini memberikan bukti bahwa strategi pembelajaran yang interaktif dan mendukung secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca anak-anak di panti asuhan. Implikasi dari penelitian ini penting untuk pengembangan program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi di lingkungan yang kurang mampu.
Unduhan
Referensi
Y. Gumala and V. Pratiwi, “Pembinaan Literasi Membaca melalui Self Motivation sebagai Upaya Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 2, pp. 234–243, 2021.
S. Millatina and S. Lisdayanti, “UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA DENGAN GERAKAN LITERASI BAGI SISWA SMPN 25 KOTA BENGKULU,” no. 2, pp. 15–21.
D. T. Relita and K. R. Yosada, “PENDAMPINGAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID 19,” vol. 4, pp. 58–66, 2021.
C. D. Journal, I. Fitroh, G. Juniarti, and L. Membaca, “SOSIALISASI MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI,” vol. 5, no. 1, pp. 2468–2473, 2024.
J. Pengabdian et al., “PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar
D. Bhakti, W. Putro, and N. H. Nufalina, “MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK-ANAK BERBASIS,” vol. 05, no. 04, pp. 451–455, 2022.
R. Mayasari, L. Agustina, I. Cahyani, and M. Agustina, “BATUAH : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Volume 2 Nomor 2 November 2022 SOSIALISASI GERAKAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK SDN SEBERANG MESJID 1 BANJARMASIN Abidinsyah , dkk . Sosialisasi Gerakan Literasi Membaca Peserta Didik SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin,” vol. 2, no. November, pp. 68–76, 2022.
D. I. Smk and P. Bogor, “e-ISSN: 2988-3660,” vol. 1, no. 2, pp. 82–92, 2023.
S. S. Residence, K. Tengsin, K. T. Abang, and K. J. Pusat, “Mewujudkan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Usia Dini,” vol. 2, no. 1, 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Al Firah, Ananda Hadi Elyas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.