CLOUD CATALOG DAN INTEGRASI DIGITAL MARKETING UMKM
DOI:
https://doi.org/10.70340/japamas.v2i2.64Kata Kunci:
Cloud Catalog, Konten Digital Marketing, Sosial Media, UMKMAbstrak
DW Food Court (DFC) berlokasi di Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat. Saat ini, DFC beranggotakan 10 UMKM kuliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i yang masih aktif berkuliah di Universitas Dharmawangsa. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemahaman cloud catalog dan fitur digitalmarketing UMKM bertujuan untuk menghimpun data yang berkaitan dengan variasi produkUMKM dan jumlah mahasiswa yang berwirausaha. Akan tetapi, hal ini dianggap perlu adanya pendampingan usaha yang didukung dengan adanya pelatihan, bantuan modal/ fasilitas usaha, dan tentunya memerlukan suatu sistem digitalisasi yang mendukung operasional dalammemasarkan produk mereka, baik secara konvensional maupun digital marketing. Namun dari seluruh anggota DW Food Court (DFC), masih < 25% anggota usaha Ringkasan usulan maksimal 500 kata yang memuat permasalahan, solusi dan target luaran yang akan dicapai sesuai dengan masing-masing skema pengabdian kepada masyarakat. Ringkasan juga memuat uraian secara cermat dan singkat rencana kegiatan yang diusulkan. yang telah memiliki fitur digital marketing (website, media sosial, marketplace, cloud catalog) untuk mempromosikan produknya. Sebagian besar anggota DFC masih nyaman menggunakan media konvensional seperti menunggu pembeli datang menghampiri stand jualan dan mengikuti bazar UMKM. Oleh karena itulah, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan mampu memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan volume penjualan secara berkala dan tersistem digitalisasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Informasi dan Komputer (FTIK) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dharmawangsa. Adapun solusi dan target luaran yang ditawarkan mencakup produk dan jasa,seperti modul pelatihan dan form survey (pra/ post test), desain menu usaha, video profil usaha, akun sosial media (instagram), website (market.dharmawangsa@ac.id dan uptti2pb.dharmawangsa@ac.id), dokumentasi kegiatan, publikasi news online, dan publikasi.
Unduhan
Referensi
Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation And Practice, 6th. Pearson. Fachrizal A., A. Kusumawati, . A. Irawan. (2019). Analisis
Implementasi Strategi Content Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi pada Strategi Content Marketing Amstirdam Coffee Malang). 73(1), 78–87.
Hasanudin, A. (2017). Milenial Nusantara. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 61. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.362
Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI". JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 132–138. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2722
Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix Of Imc: A Move From The 4 P’s To The 4c’s.
Journal of Integrated Marketing Communicatons, 1–3
Sri Lindawati, M. H. & J. H. (2020). No Title (Cetakan I). Kita Menulis.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.Pengertian usaha mikromenurut Keputusan Menteri Keuangan No.40 / KMK.O6 / 2010 tanggal 29 Januari 2010.
UKM Kuliner Melesat berkat Platform Teknologi https://katadata.co.id/ariemega/infografik/5e9a55dcdc7d5/umkm-kuliner-melesat-berkat- platform-teknologi
https://cloudraya.com/blog/apa-itu-cloud-computing
https://cloudraya.com/blog/potensi-pasar-layanan-cloud-computing-di-indonesia/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Alfirah, Zelvi Gustiana, Ananda Hadi Elyas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.