PELATIHAN Pemasaran Digital Dasar DALAM UPAYA PERCEPATAN PENGEMBANGAN UMKM di SMK ASGA MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.70340/japamas.v2i2.91Abstrak
Pelatihan pada para guru dan umkm di SMK Asga Mandiri dengan tema Pemasaran Digital Dasar dilakukan untuk meningkatkan pemahaman para guru dan umkm tentang pemasaran digital dasar. Metodologi yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan memaparkan materi-materi mengenai pemasaran digital dasar. Selanjutnya memberikan tutorial kepada para peserta dan evaluasi bagaimana pemahaman terhadap materi yang telah ditutorialkan dengan menggunakan platform digital seperti Google Business dan Whatsapp Business. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman para guru dan umkm sehingga dapat digunakan sebagai media dalam proses pengembangan usaha, untuk promosi dan penjualan produk. Pelatihan pemasaran digital dasar sangat penting bagi para guru dan umkm karena dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan aktivitas pemasaran melalui platform digital.
Unduhan
Referensi
N. Latifah, I. Kusumawati, T. Widagdo, R. Yumadhi, and H. Efendi, “Edukasi Penggunaan dan Manfaat Whatsapp Business Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Rumah Kesadaran dan IPEMI,” Padma, vol. 2, pp. 2–5, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17878.
N. Kasanah, Elysa Septiana, Lia Alfi Karomah, Melfi Mutia Arifin, Muhammad Pandu Bagaskara, and Munifah Rahmawati, “OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN OMZET USAHA MIKRO DAN KECIL DI WRINGINANOM PONOROGO,” Amaluna J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, 2022, doi: 10.21154/amaluna.v1i2.1357.
J. Andriani, R. Hanny, C. D. Manik, R. B. Mangasa Tua, and A. Amirudin, “Pelatihan Manajemen Usaha Aspek Pemasaran Melalui E-Commerce Pada Anggota UMKM Catering Tangerang Selatan (UCTS),” SINAR SANG SURYA J. Pus. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, 2022, doi: 10.24127/sss.v6i1.1890.
D. F. Putri, “Pelatihan Digital Marketing dengan Mengenalkan Google My Business Kepada Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto,” J. Inov. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.54082/jippm.88.
S. Lestari, “DIGITAL MARKETING STRATEGY FOR MSMEs IN THE VUCA ERA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity),” J. Humanit. Soc. Sci. Bus., vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.55047/jhssb.v2i1.370.
K. R. Novianti, K. Roz, and C. Sa’diyah, “Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele,” J. Apl. DAN Inov. IPTEKS “SOLIDITAS,” vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.31328/js.v4i2.2769.
R. J. NAIMAH, M. W. WARDHANA, R. HARYANTO, and A. PEBRIANTO, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.
P. dono Saputro, “Introduction of Google My Business for the Utilization of Digital Marketing in the Era of E-Commerce & Social Media,” J. Pengabdi. Barelang, vol. 2, no. 01, 2020, doi: 10.33884/jpb.v2i01.1625.
A. Purbasari, G. P. Maryono, F. M. Mulyanto, and W. Gusdya, “Utilization of Google My Business as a Tourism Promotion Media Using Local Search Engine Optimization,” IAIC Trans. Sustain. Digit. Innov., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.34306/itsdi.v2i2.417.
T. Thoyyibah, W. Haryono, and T. Hardi, “PELATIHAN DAN PEMANFAATAN FITUR GOOGLE BUSINESS UNTUK PROMOSI LOKASI USAHA DAN MENAIKAN TARGET PEMASARAN PRODUK UMKM WARGA DESA DANGDANG, KEC. CISAUK KAB. TANGERANG,” J. Pengabdi. Masy. Intimas (Jurnal INTIMAS) Inov. Teknol. Inf. Dan Komput. Untuk Masy., vol. 2, no. 2, 2022, doi: 10.35315/intimas.v2i2.8985.
N. Tri Romadloni, N. Dwi Septiyanti, R. Ayatulloh Khomeini Noor Bintang, F. Sains dan Teknologi, U. Muhammadiyah Karanganyar, and J. Tengah, “Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi Optimasi Penggunaan Whatsapp Business Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk Usaha Anggota PKK,” Media Cetak, vol. 2, no. 1, pp. 115–122, 2023, doi: 10.55123/abdikan.v2i1.1705.
M. A. F. Abdullah and F. Fathihani, “Memanfaatkan Whatsapp Business Sebagai Sarana Penunjang Digital Markating Umkm Di Tengah Pandemik Covid - 19 Di Kelurahan Tanjung Duren,” ANDHARA J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 28–35, 2022.
T. Elizabeth, D. Alamsyah, and Y. Yoannita, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi WhatsApp Business Sebagai Media Pemasaran Online pada Toko CCTV Grosir Cabang Palembang,” Fordicate, vol. 1, no. 2, pp. 150–156, 2022, doi: 10.35957/fordicate.v1i2.2409.
N. et al Kurniawati, “Penerapan Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Terhadap Komunikasi Pemasaran Kerajinan Tangan,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 9, pp. 347–353, 2022, [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
F. Aziz and R. Hendayani, “THE EVALUATION OF IMPLEMENTATION GOOGLE MY BUSINESS APPLICATION FOR THE SMES’S USING UTAUT MODEL,” 1 Int. Conf. Innov. Small Mediu. Enterp. 2019, vol. 1, no. 1, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ari Usman, Yessi Fitri Annisah lubis, Dedy Irwan, Liza Fitriana, Yuyun Dwi Lestari, Sarudin, Arief Budiman, Dodi Siregar, Edy Rahman Syahputra, Nur Wulan, Divi Handoko

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.