PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITYKENDARAAN TEMPUR ALUTSISTA BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Ahmad Rizky Batubara Universitas Harapan Medan
  • Mufida Khairani Universitas Harapan Medan
  • Yunita Sari Siregar Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.70340/jirsi.v3i1.105

Kata Kunci:

Augmented Reality., Natural Features Tracking ., Unity 3D., Marker., Kendaraan Militer.

Abstrak

Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan yang nyata.AR mengizinkan penggunanya untuk berinteraksi secara realtime. Salah satu implementasi atau penerapan dari teknologi Augmented Reality adalah pengenalan alat utama sistem persenjataan (ALUTSISTA) memanfaatkan media marker dengan menggunakan Objek 3D. Ada tiga tipe territorial pada alat kendaraan militer, yaitu kendaraan di darat, udara, dan lautan. Pengenalan jenis kendaraan militer memanfaatkan augmented reality menggunakan objek 3D ini dibangun dengan menggunakan aplikasi SkethUp untuk membuat objek 3D, Library Vuforia sebagai database marker dan Unity3D Engine untuk membangun augmented reality.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiantoro, T dkk. 2016. Optimalisasi Rancangan Jaringan Komputer Menggunakan Google Sketchup. Jurnal JARKOM Vol. 4 No. 1 Desember 2016 ISSN:2338-6313.

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments vol. 6, no. 4, pp.355-385.

Farissa Rimahirdani dan Ade Eviyanti. 2014. Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Alat Musik Gamelan Jawa. Jurnal. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Iwan Setya Nugraha, Kodrat Iman Satoto, dan Kurniawan Teguh Martono. 2013. Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano. Jurnal. Semarang: Universitas Diponegoro

Kurniawan Teguh Martono. 2011. Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Sistem Komputer vol. 1, no. 2

Karim, Marco S. 2014. Implementasi Augmented Reality Pada Perancangan Sistem Katalog Digiprocreative Berbasis Android. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara. [tidak dipublikasi].

Muchammad Chafied, Rengga Asmara, Taufiqurrahman dan Rizky Yuniar Hakkun. 2010. Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality. Jurnal. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Pranata, Baskara A, dkk. 2014. Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity3D. Semarang: Elex Media Komputindo.

Rahmat, Berki. 2011. Analisis dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Rama P. Ritonga, Sayuti Rahman. 2015. Implementasi Brosur Interaktif Kampus STT-Harapan Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal. Medan: Sekolah Tinggi Teknik Harapan.

Utami, Sri Putri. (2018). Pemanfaatan Text Recognition Dalam Pengenalan Jenis Profesi Menggunakan Objek 3D Berbasis Android. Skripsi. Medan: Universitas Harapan Medan. (Tidak Dipublikasi).

Utomo, A. S. (2018). APLIKASI PENGENALAN PERALATAN MEMASAK KUE MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945. Diakses dari repository.untag-sby.ac.id

Wahyu Ramadhan HSB. 2014. Pemanfaatan Pemodelan 3 Dimensi Menggunakan Metode Augmented Reality Sebagai Proses Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad. Skripsi. Banda Aceh: Universitas U’Budiyah Indonesia

W. S. Aji, 2020. “Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 6 No. 1 Juni 2020 Perancangan Aplikasi Pengenalan Kendaraan Militer Dengan Augmented Reality Menggunakan Marker Based Tracking Application of Military Vehicle Recognition Application With Jurnal Teknologi Informasi,” Vol. 6, No. 1, pp. 28–34.

Youllia Indrawaty, M. Ichwan, dan Wahyu Putra. 2014. Media Pembelajaran Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality (AR). Jurnal. Bandung: Institut Teknologi Nasional Bandung

Diterbitkan

2024-01-30

Terbitan

Bagian

Articles