Aplikasi Katalog Penjualan Produk Makanan Kucing Dengan Mengimplementasikan Augmented Reality Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.70340/jirsi.v3i1.109Kata Kunci:
Catalog, Unity, Marker, AndroidAbstrak
Kucing adalah hewan peliharaan yang populer dikalangan masyarakat, tetapi pemilihan makanan yang tepat untuk mereka bisa menjadi tantangan. mereka harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan kucing dan memilih merek makanan yang terpercaya. Katalog penjualan produk makanan kucing konvensional mungkin tidak lagi cukup menarik bagi konsumen modern yang terbiasa dengan teknologi canggih. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan implementasi Augmented Reality (AR) dalam sebuah aplikasi katalog penjualan produk makanan kucing berbasis Android. Dengan menggunakan AR, konsumen dapat melihat produk makanan kucing secara nyata dan mendengarkan deskripsi produk dalam bentuk suara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 21 responden sangat setuju dengan aplikasi ini, dengan tingkat persetujuan sekitar 80%. Ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sangat berguna dalam membantu pemilik kucing memilih makanan yang sesuai.
Kucing adalah hewan peliharaan yang populer dikalangan masyarakat, tetapi pemilihan makanan yang tepat untuk mereka bisa menjadi tantangan. mereka harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan kucing dan memilih merek makanan yang terpercaya. Katalog penjualan produk makanan kucing konvensional mungkin tidak lagi cukup menarik bagi konsumen modern yang terbiasa dengan teknologi canggih. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan implementasi Augmented Reality (AR) dalam sebuah aplikasi katalog penjualan produk makanan kucing berbasis Android. Dengan menggunakan AR, konsumen dapat melihat produk makanan kucing secara nyata dan mendengarkan deskripsi produk dalam bentuk suara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 21 responden sangat setuju dengan aplikasi ini, dengan tingkat persetujuan sekitar 80%. Ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sangat berguna dalam membantu pemilik kucing memilih makanan yang sesuai.
Unduhan
Referensi
budiartawan, “Apa itu Augmented Reality?,” https://upttik.undiksha.ac.id/, 2022. https://upttik.undiksha.ac.id/apa-itu-augmented-reality/ (diakses 31 Desember 2024).
A. P. D. Prayogha dan M. R. Pratama, “Implementasi Metode Luther untuk Pengembangan Media Pengenalan Tata Surya Berbasis Virtual Reality,” BIOS J. Teknol. Inf. dan Rekayasa Komput., vol. 1, no. 1, hal. 1–14, 2020, doi: 10.37148/bios.v1i1.3.
A. P. D. Prayogha dan M. R. Pratama, “Implementasi Metode Luther untuk Pengembangan Media Pengenalan Tata Surya Berbasis Virtual Reality,” BIOS J. Teknol. Inf. dan Rekayasa Komput., vol. 1, no. 1, hal. 1–14, 2020, doi: 10.37148/bios.v1i1.3.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dorlika Safitra Harefa, Haida Dafitri, Sumi Khairani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.