Perancangan Media Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan UMKM Berbasis Website

Penulis

  • Muhammad Alwi Hafizh Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Furqan Khalidy Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Saiful Amir Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Mardiah Mardiah Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.70340/jirsi.v4i2.152

Kata Kunci:

Pelatihan Digital Marketing, Media Pelatihan

Abstrak

Internet banyak digunakan pada era digital saat ini. Dengan internet masyarakat dunia berkomunikasi dalam suatu wadah maya yang disebut Media Sosial seperti facebook, Instagram, twitter dan tiktok. Dengan Media Social, seorang pelaku usaha (UMKM) dapat memasarkan produknya baik dalam cakupan lokal, nasional bahkan internasional sehingga dapat meningkatkan penjualan. Pemasaran melalui media social disebut juga marketing digital. Masih banyak Pelaku UMKM di Kota Medan yang belum paham akan teknik marketing digital sehingga perlu dilakukan pelatihan kepada UMKM kota medan. Namun besarnya biaya pelatihan secara luring menghambat pelaksanaan pelatihan tersebut. Untuk itu, dikembangkan suatu media pelatihan berbasis web sehingga pelatihan dilaksanakan secara daring agar biaya pelatihan dapat efisien. Pengembangan media pelatihan Marketing digital menggunakan Codeigniter 3.0 dan hanya diperuntukkan untuk UMKM kota medan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, “Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan,” CAPS, Yogyakarta, 28 p., 2018.

Anggita, Z., “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajara, vol. 7, no. 2, 2020.

Sadiman, A., dkk., Media Pendidikan, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 7 p., 2012.

Asroni, “Penerapan Model View Controller (MVC) dengan Framework Codeigniter pada Sistem Informasi Booking Wisata Klangon,” Jurnal Berdikari, vol. 6, no. 2, pp. 119-130, 2018.

Asropudin, Dasar Pemrograman Web PHP-MYSQL dengan Dreamweaver, Gava Media, Yogyakarta, 2013.

Azhar, A., Media Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 3 p., 2013.

Chaffey, D., Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice, Prentice Hall, United States, 57 p., 2014.

Daryanto, Dasar Pemrograman Web PHP-MYSQL dengan Dreamweaver, ITB, Bandung, 2012.

Tjiptono, F., Strategi Pemasaran (edisi 4), ANDI, Yogyakarta, 2015.

Frastian, N., “Perancangan Aplikasi Berbasis Web Pada Kantor/Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Indonesia Membangun,” Jurnal Faktor Exacta, vol. 5, no. 2, pp. 113-123, 2018.

Hermawan, A., Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2012.

Azmi, R. A., “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan,” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 4, no. 2, Jul. 2020.

Sanjaya, R., & Tarigan, J., Creative Digital Marketing, Elex Media Komputindo, Jakarta, 47 p., 2015.

Rusman, D. K., & Riyana, C., Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 169 p., 2013.

Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2016.

Diterbitkan

2025-05-31

Terbitan

Bagian

Articles