Pengembangan Video Pembelajaran Anggota Tubuh dengan Animasi dan Lagu untuk Anak Usia Dini

Penulis

  • Risna Oktaviati Satu University
  • RM Chairil Andri Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.70340/jirsi.v4i1.180

Kata Kunci:

Educational video, animation, songs, early childhood, MDLC, multimedia

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif sangat penting untuk mendukung perkembangan anak usia dini, terutama dalam mengenalkan bagian-bagian tubuh manusia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengevaluasi video pembelajaran berbasis animasi dan lagu yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman anak usia dini. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan campuran (kualitatif dan kuantitatif) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Observasi dilakukan terhadap 10 anak balita di sebuah daycare di Depok, sementara data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh ahli media dan konten pembelajaran. Hasil uji validasi materi dan media menunjukkan bahwa video animasi ini sangat layak digunakan (skor 89,2%) dan efektif dalam meningkatkan pemahaman anak (efektivitas 84,75%). Video dinilai mudah digunakan, interaktif, serta menyajikan konten yang menarik dan sesuai untuk anak usia dini. Lagu yang disertakan dalam video membantu meningkatkan daya ingat anak terhadap materi pembelajaran. Meskipun demikian, beberapa aspek seperti struktur penyampaian materi dan elemen interaktivitas dapat ditingkatkan lebih lanjut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi animasi dan lagu dalam video pembelajaran secara signifikan meningkatkan pemahaman anak usia dini mengenai bagian tubuh. Temuan ini membuka peluang pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia yang lebih interaktif dan efektif untuk mendukung pendidikan anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Mayar, R. Sakti, L. Yanti, B. Erlina, O. Osriyenti, and W. Holiza, “Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 2619–2625, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2081.

S. B. Hariyati and N. Nurhafizah, “Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 1024–1034, Feb. 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.4033.

S. I. Prahesti and S. Fauziah, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 505–512, Jun. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i1.879.

A. Haris and M. Y. Putra, “Animasi Interaktif Pengenalan Anggota Tubuh Menggunakan Bahasa Arab Pada SD-IT Roudhotul Jannah Bekasi,” Jurnal Mahasiswa Bina Insani, vol. 4, no. 2, pp. 145–154, 2020.

S. Darihastining, S. N. Aini, S. Maisaroh, and D. Mayasari, “Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1594–1602, Dec. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.923.

A. Sahfitri and S. Hartini, “Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa untuk Anak Sekolah Dasar,” Information System For Educators And Professionals, vol. 3, no. 2, pp. 141–152, 2019.

C. Lamotte, “Discovering Animation Manuals: Their Place and Role in the History of Animation,” Animation: An Interdisciplinary Journal, vol. 17, no. 1, pp. 127–143, Mar. 2022, doi: 10.1177/17468477221080112.

S. R. Widianto, Rahmatiah, B. S. Baso, and N. C. Lestari, “Developing Learning Material for Animation 2D Instruction in Vocational High Schools,” Jurnal Mantik, vol. 6, no. 3, pp. 3446–3452, 2022.

S. Gulo and A. O. Harefa, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 291–299, Sep. 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i1.40.

I. P. Didik Prawira Putra, D. A. M. Manu Okta Priantini, and I. M. Astra Winaya, “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, vol. 8, no. 2, pp. 325–338, Nov. 2021, doi: 10.38048/jipcb.v8i2.344.

Y. Juniarti, Y. Napu, and D. S. Ointu, “Pengaruh Video Animasi terhadap Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh pada Anak,” Jurnal Pelita PAUD, vol. 7, no. 2, pp. 401–407, 2023, doi: 10.33222/pelitapaud.v7i2.2761.

Akhmad Fadjeri and Anisa Dwi Nurchayati, “Pengujian validitas pada pengembangan media pembelajaran berbasis ICT,” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), vol. 8, no. 1, Jun. 2022, doi: 10.37729/jpse.v8i1.1955.

E. Hutabri, “Validitas Media Pembelajaran Multimedia pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital,” in SNISTEK: Seminar Nasional Ilmu Sosial & Teknologi, Jan. 2022, pp. 296–301.

C. Andri, R. Oktaviati, and H. Wijaya, “Penerapan Jelajah Kampus Virtual dalam Meningkatkan Pengalaman Orientasi Mahasiswa Kelas Karyawan Jakarta Global University,” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 6, no. 2, pp. 196–207, Aug. 2024, doi: 10.35746/jtim.v6i2.583.

N. Luh Andriyani and N. Wayan Suniasih, “Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade,” Journal of Education Technology, vol. 5, no. 1, pp. 37–47, Mar. 2021, doi: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Diterbitkan

2025-01-31

Terbitan

Bagian

Articles