ARphabet: Pembelajaran Abjad Inovatif Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini

Penulis

  • RM Chairil Andri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Revie Juniarti Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Risna Oktaviati Satu University

DOI:

https://doi.org/10.70340/jirsi.v4i2.194

Kata Kunci:

augmented reality, anak usia dini, literasi, pengenalan huruf, media pembelajaran interaktif

Abstrak

Kemampuan mengenal huruf merupakan dasar penting dalam pengembangan literasi anak usia dini. Sayangnya, media konvensional seperti buku cetak dan kartu bergambar sering kali kurang menarik karena keterbatasan dalam menyajikan stimulus visual dan auditori secara simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji sebuah aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) bernama ARphabet, yang dirancang untuk membantu anak-anak mengenal huruf melalui visualisasi 3D, objek pendukung, dan audio pengucapan. Metode pengembangan aplikasi menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup tahap konsep, desain, pengumpulan material, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Pengujian dilakukan melalui dua pendekatan: validasi ahli menggunakan instrumen kuesioner dengan indikator kemudahan penggunaan, efektivitas penyampaian materi, kesesuaian untuk anak-anak, dan interaktivitas; serta uji coba penggunaan dengan pendekatan kuantitatif melalui pre-test dan post-test kepada 21 siswa TK. Hasil validasi oleh tiga ahli menunjukkan aplikasi memiliki tingkat kelayakan tinggi dengan rata-rata skor 92,5%. Sementara itu, hasil uji coba menunjukkan bahwa 90,5% anak mengalami peningkatan kemampuan mengenal huruf setelah menggunakan aplikasi ini. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi AR dapat menjadi solusi inovatif dan efektif dalam mendukung pembelajaran awal literasi anak. Aplikasi ini memiliki prospek untuk dikembangkan lebih lanjut dalam bentuk pengenalan suku kata, kosakata, atau materi pembelajaran lain yang disesuaikan dengan usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BPS RI, “Angka Buta Aksara Penduduk 10 Tahun ke Atas Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Persen), 2024,” https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTM5IzI=/angka-buta-aksara-penduduk-10-tahun-ke-atas-menurut-provinsi-dan-jenis-kelamin.html.

M. Kholil and N. Nisa, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA MI DALAM MENGELOMPOKKAN JENIS TUMBUHAN,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 10, no. 01, pp. 236–254, Mar. 2025, doi: 10.23969/jp.v10i01.22501.

N. Resti, R. Ridwan, R. T. Palupy, and R. Riandi, “Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan,” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 10, no. 2, pp. 238–248, Jun. 2024, doi: 10.22437/biodik.v10i2.34022.

D. Rifky, C. Ramdani, and G. F. Fitriana, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Taman Kanak-Kanak,” JIP (Jurnal Informatika Polinema), vol. 10, no. 1, pp. 11–18, Dec. 2023, doi: 10.33795/jip.v10i1.1496.

D. S. Wulandari and B. Hendriana, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN HURUF PADA ANAK USIA DINI BERBASIS AUGMENTED REALITY,” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 12, no. 2, pp. 157–168, Sep. 2021, doi: 10.31932/ve.v12i2.1292.

E. Korosidou, “The Effects of Augmented Reality on Very Young Learners’ Motivation and Learning of the Alphabet and Vocabulary,” Digital, vol. 4, no. 1, pp. 195–214, Mar. 2024, doi: 10.3390/digital4010010.

C. Andri, R. Oktaviati, and H. Wijaya, “Penerapan Jelajah Kampus Virtual dalam Meningkatkan Pengalaman Orientasi Mahasiswa Kelas Karyawan Jakarta Global University,” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 6, no. 2, pp. 196–207, Aug. 2024, doi: 10.35746/jtim.v6i2.583.

N. Riswandari, N. Yuwita, and G. Setiadi, “Pengembangan E-Learning Menggunakan Adobe Animate Creative Cloud dengan Penerapan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 76–92, Jun. 2021, doi: 10.51339/akademika.v3i1.310.

Moh. Dasuki, M. Rahman, and I. Saifudin, “Evaluasi Usability Media Pembelajaran Alfabet Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Addie Dan Human-Centered Design,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 9, no. 4, pp. 2303–2315, Nov. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.6664.

E. Mayasari, “MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA RA AISYIYAH 2 KOTA SERANG,” Jurnal Anak Bangsa, vol. 3, no. 1, pp. 64–71, Feb. 2024, doi: 10.46306/jas.v3i1.

A. Rahmatika, A. A. Manurung, and F. Ramadhani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle),” sudo: Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 3, pp. 122–130, Sep. 2023, doi: 10.56211/sudo.v2i3.330.

J. Kody, D. Jollyta, A. Hajjah, and T. Pratama, “Analisis Penerapan Augmented Reality Sebagai Strategi Pemasaran: Uji Black Box dan Korelasi,” Indonesian Journal of Computer Science, vol. 11, no. 1, pp. 153–163, Apr. 2022, doi: 10.33022/ijcs.v11i1.3037.

E. Hutabri, “Validitas Media Pembelajaran Multimedia pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital,” in SNISTEK: Seminar Nasional Ilmu Sosial & Teknologi, Jan. 2022, pp. 296–301.

R. Oktaviati and C. Andri, “Pengembangan Video Pembelajaran Anggota Tubuh dengan Animasi dan Lagu untuk Anak Usia Dini,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIRSI), vol. 4, no. 1, pp. 119–128, Jan. 2025, doi: 10.70340/jirsi.v4i1.180.

Diterbitkan

2025-05-31

Terbitan

Bagian

Articles