Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Pembelajaran Moral Etika di Sekolah Metta Maitreya

Penulis

  • Mega Kartika Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Yenny Desnelita Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70340/jirsi.v4i3.218

Kata Kunci:

media pembelajaran, adobe animate, waterfall, moral etika

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi telah menciptakan peluang besar dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate untuk mendukung pembelajaran Moral Etika di Sekolah Metta Maitreya. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa kelas satu SD, menampilkan materi digital, kuis interaktif, dan permainan edukatif. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode pengujian black box untuk memastikan setiap fungsi beroperasi secara efektif. Selain itu, efektivitas penerapan dievaluasi melalui kuesioner yang dibagikan kepada guru.

Hasil pengujian dan evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Etika Moral. Dengan rata-rata skor kepuasan pengguna sebesar 93,4%, aplikasi dinilai ramah pengguna, menarik, dan mampu meningkatkan interaksi siswa selama pembelajaran. Kesimpulannya, aplikasi ini merupakan solusi inovatif untuk mendukung metode pengajaran berbasis teknologi, khususnya di bidang pendidikan Moral Etika di tingkat sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. Mantiri, “PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA,” J. Civ. Educ. Media Kaji. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 3, no. 1, p. 20, 2019, doi: 10.36412/ce.v3i1.904.

M. Pattiran, A. M. H. Songbes, R. Arrang, Herman, A. R. Vanchapo, and Muhammadong, “Strategi Pendidikan Karakter: Membentuk Etika dan Nilai pada Generasi Muda,” J. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 11369–11376, 2024, [Online]. Available: http://jonedu.org/index.php/joe

N. S. Rahmawati et al., “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Perubahan Iklim,” J. Nat. Sci. Educ. Res., vol. 6, no. 2, pp. 11–19, 2023.

N. Adhaeni, R. N. H. Arif, and Nuraeni, “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Animate CC untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor,” J. Pemikir. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 1223–1230, 2024, [Online]. Available: https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/1212

D. T. Haniva, J. A. Ramadhan, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 7, no. 1, pp. 36–42, 2023, doi: 10.26740/jieet.v7n1.p36-42.

A. P. Putra, F. Andriyanto, K. Karisman, T. D. M. Harti, and W. P. Sari, “Pengujian Aplikasi Point of Sale Menggunakan Blackbox Testing,” J. Bina Komput., vol. 2, no. 1, pp. 74–78, 2020, doi: 10.33557/binakomputer.v2i1.757.

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

P. G. Aryanti, A. A. Lailany, I. Amelia, A. N. H. Regita, K. Setiawan, and M. B. Yel, “Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD,” AJAD J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 61–75, 2024, doi: 10.59431/ajad.v4i1.282.

S. Pranoto, S. Sutiono, Sarifudin, and D. Nasution, “Penerapan UML Dalam Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Dan Evaluasi Pembangunan Pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tebing Tinggi,” Surpl. J. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 384–401, 2024, [Online]. Available: https://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/866

S. Samsudin, M. D. Irawan, and A. H. Harahap, “Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc,” J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 141, 2019, doi: 10.36294/jurti.v3i2.1009.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles