Perancangan Antarmuka Web Visualisasi Grafik Susut Listrik PT PLN UP3 Lubuk Pakam dengan Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.70340/jirsi.v4i3.255Kata Kunci:
Web Antarmuka, Visualisasi Data, Susut Listrik, Design ThinkingAbstrak
Perkembangan teknologi informasi mendorong PT PLN (Persero) UP3 Lubuk Pakam untuk meningkatkan efisiensi dalam pemantauan data susut dan kumulatif energi listrik. Saat ini, penyajian data masih bersifat manual dan kurang interaktif, sehingga menyulitkan proses analisis dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka web yang menyajikan visualisasi data susut secara dinamis dan mudah dipahami. Metode yang digunakan adalah Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahapan-tahapan tersebut dilakukan secara iteratif dan berpusat pada kebutuhan pengguna. Hasil akhir berupa prototipe antarmuka web yang menampilkan grafik interaktif, navigasi sederhana, dan sistem login untuk pembatasan akses input data. Uji coba menunjukkan bahwa desain yang dibuat dinilai sederhana, responsif, dan membantu pengguna dalam memahami data dengan cepat. Rancangan ini diharapkan dapat mendukung efisiensi kerja dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan di lingkungan PLN UP3 Lubuk Pakam.
Unduhan
Referensi
“Mengapa Design Thinking Sangat Populer Akhir-akhir Ini? - SHIFT Indonesia.” Accessed: Jun. 03, 2025. [Online]. Available: https://shiftindonesia.com/mengapa-design-thinking-sangat-populer-akhir-akhir-ini/
T. B. Ayu and N. Wijaya, “Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android,” MDP Student Conf., vol. 2, no. 1, pp. 68–75, 2023, doi: 10.35957/mdp-sc.v2i1.4065.
M. D. Wijayanti, H. M. Az-Zahra, and W. S. Wardhono, “Perancangan Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Praktik Kerja Industri (Prakerin) menggunakan Metode Design Thinking. (Studi Kasus: SMKN 2 Singosari),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, pp. 1007–1017, 2022, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10678
S. Fatimah, N. H. Zen, and A. Fitrisia, “Literatur Riview dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Khusus,” vol. 5, pp. 41–48, 2025.
V. Wijaya, M. Fadli, Y. A. Dharma, and M. R. Pribadi, “Pengembangan UI/UX pada aplikasi Go-Print Dengan menggunakan metode design thinking,” MDP Student Conf., vol. 1, no. 1, pp. 298–305, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1764
F. Kurniawan et al., “MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Supplier Sayur,” 1st MDP Student Conf., vol. 1, no. 1, pp. 284–289, 2022.
N. F. Nasution, T. R. Nasution, Y. N. Silalahi, and R. Syuhada, “Desain Antarmuka Website Pemasaran Menggunakan Design Thinking,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 13, no. 1, 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.6102.
A. Sodik, R. R. Putri, I. Firdaus, and S. A. Husada, “Penerapan Metode Design Thinking Pada User Interface Dan User Experince Aplikasi Monitoring Skripsi Berbasis Website,” J. Ilm. Telsinas Elektro, Sipil dan Tek. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 176–189, 2024, doi: 10.38043/telsinas.v7i2.5611.
M. Nurcahyo, “KAJIAN PERAN SKETSA DALAM PROSES KREATIF DAN PENDIDIKAN DESAIN (Kasus Pengalaman Belajar Desain di Era Digital),” Lintas Ruang J. Pengetah. dan Peranc. Desain Inter., vol. 10, no. 2, pp. 86–97, 2022, doi: 10.24821/lintas.v10i2.7199.
Hendri, D. Meisak, and S. Rianti Agustini, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mediatama Solusindo Jambi,” STORAGE – J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 1–11, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Daffa Anugraha, Heri Santoso

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.