Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Service AC Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Penulis

  • Yumna Shafira Universitas Harapan Medan
  • Ahmad Zakir Universitas Harapan Medan
  • Andi Marwan Elhanafi Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.70340/jirsi.v2i3.73

Kata Kunci:

customer satisfaction survey, waterfall, IPA, website

Abstrak

Kepuasan konsumen merupakan faktor utama dalambidang usaha jasa maupum barang. Upaya untuk mengetahui kepuasan konsumen pada tingkat kinerja dalam hal kualitas pelayanan yang terdapat pada PT. BEST saat ini dilakukan melalui survei kepuasan konsumen. Surveidilakukan secara manual dan bentuk wawancara belum berdasarkan kriteria-kriteria sebagai standar yang diperlukan untuk keseragaman materi survei sehingga mengalami kesulitan untuk melakukan analisa lebih lanjut. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya sistem untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dengan menerapkan metode analisis yang mempertimbangkan tingkat kinerja antara tingkat kepentingan atau harapan dari responden. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode IPA yang digunakan untuk mengetahui atribut yang perlu diperbaiki atau dikurangi berdasarkan letak pemetaan kuadrannya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang mampu mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan tingkat kinerja dan tingkat kepentingan serta atribut mana saja yang harus diperbaiki atau dikurangi.

 

Kata Kunci :survei kepuasan pelanggan, waterfall, IPA, website

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Erica, D., & Al Rasyid, H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 16

Siyamto, Y. (2017). Kualitas pelayanan bank dengan menggunakan metode importance performance analysis (IPA) dan customer satisfaction index (CSI) terhadap kepuasan nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 63-76.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.Dan Seterusnya

Indricha, M., Arfanda, P. E., & Juhanis, J. (2019). Survei Minat Olahraga Pengunjung Car Free Day Boulovard Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Veza, O., & Hernuning, N. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Online Shop Gic. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 4(01), 37-44.

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles