APLIKASI ANAGLYPH 3D TATA CARA SHOLAT DAN DOA BERBASIS LIGHT VIRTUAL REALITY
DOI:
https://doi.org/10.70340/jirsi.v3i2.121Kata Kunci:
Prayer, Prayer, Islam, MultimediaAbstrak
Shalat adalah rukun Islam yang kedua dan ia merupakan rukun yang sangat di tekankan sesudah dua kalimat syahadat. Sholat adalah penghubung antara seorang hamba dengan Rabbnya. Doa adalah dua macam yaitu doa ibadah dan doa permohonan. Kedekatan Allah dengan hamba-Nya terbagi dua macam yaitu; kedekatan ilmu-Nya dengan setiap mahlukNya dan kedekatan dengan hamba-Nya dalam memberikan setiap permohonan, pertolongan dan taufik kepada mereka. Pembelajaran gerakan shalat dan doa seharusnya dilatih dari usiadini (anak-anak). Bimbingan orang tua maupun guru merupakan cara yang paling utama dalam memberikan media pembelajaran. Selama ini pembelajaran konvensional berupa buku membuat anak-anak menjadi bosan sehingga dibutuhkan kreativitas atau metode pembelajaran yang interaktif, salah satunya adalah pembelajaran berbasis multimedia.
Unduhan
Referensi
B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk,” Systematics, vol. 1, no. 2, pp. 81–88, 2019.
Kasyfi, F, "Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Dan Promosi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Dan Promosi Universitas Nasional", J. Teknolgi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 35-42, 2020, doi:10.36294/jurti.v4i1.1230
N. Nuraeni and D. Zaliluddin, “Rancang Bangun Virtual Reality Pemgenalan Tari Daerah di Jawa Barat Pada Sanggar Tari Cineur,” J. IKRA-ITH Inform., vol. 5, no. 2, pp. 18–25, 2021.
W. P. Putra, W. Indriyani, F. P. B. Muhammaduthor, and D. Nurcahyon, “Aplikasi 3D Virtual Reality Menggunakan Unity Berbasis Mobile Sebagai Media Pengenalan Lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu,” J. MIPA, vol. 8, no. 3, p. 99, 2019, doi: 10.35799/jmuo.8.3.2019.25584.
R. Syaiid, R. Despriliani, and E. Prayitno, “Film Live Action dengan Sentuhan 3 Dimensi,” Qualia J. Ilm. Edukasi Seni Rupa dan Budaya Vis., vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2021.
I. Munfaridah, “Problematika dan Solusinnya Tentang Penentuan Waktu Shalat dan Puasa di Daerah Abnormal (Kutub),” Al-Syakhsiyyah J. Law Fam. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 37–50, 2021, doi: 10.21154/syakhsiyyah.v3i1.2985.
S. Masfufah, “Jurnal Al-Kifayah : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Volume 2 Nomor 1 Juni 2023 , Pages 118-129 ISSN : 2830-2531 ( Online ); ISSN : 2830-3318 ( Printed ); Transformasi Sistem Pendidikan Full Day School Di Era Globalisasi Di SD IT Bungaraya Era globalisasi ini d,” vol. 2, pp. 118–129, 2023.
E. Berbasis and A. Menggunakan, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Katalog Barang Elektronik Berbasis Android Menggunakan Unity 3D,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 6, no. 1, pp. 179–188, 2014, doi: 10.35968/jsi.v6i2.284.
R. Hidayat, I. M. Widiarta, and F. Hamdani, “Rancang Bangun Simulasi Edukasi Tata Cara Sholat 5 Waktu Dan Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Virtual Reality (Vr,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 76–86, 2019, doi: 10.51401/jinteks.v1i1.377.
Anita Soraya, Hamidiilah Ajie, and Vina Oktaviani, “Pengembangan Animasi 3D Berbasis Virtual Reality Pada Media Promosi Perumahan Cluster Green Biduri,” PINTER J. Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 35–38, 2020, doi: 10.21009/pinter.4.1.8.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Muammar Lubis, Sumi Khairani, Rismayanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.