Implementasi Data Mining Pada Hasil Penjualan Makanan Beku Menggunakan K Means Clustering

Penulis

  • Nenna Irsa Syahputri Universitas Harapan Medan
  • Siti Sundari Universitas Harapan Medan
  • Rismayanti Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.70340/jirsi.v2i2.54

Kata Kunci:

Data mining, algoritma K Means

Abstrak

Menjaga stok persediaan barang agar tidak ada barang yang kosong termasuk salah satu cara untuk menjaga kepuasan pelanggan. Dalam persaingan dunia bisnis pada saat ini, kita dituntut untuk selalu mengembangkan bisnis agar bertahan dalam persaingan, khususnya dalam persaingan penjualan menuntut para pengusaha untuk menemukan suatu pola yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran di perusahaan, salah satunya adalah dengan pemanfaatan data penjualan. Menerapkan teknik data mining klastering sehingga dapat membantu toko NCekma Frozen dalam menentukan strategi penentuan stok makanan beku menggunakan algoritma K Means.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Siregar, M. H. (2018). Data Mining Klasterisasi Penjualan Alat-Alat Bangunan Menggunakan Metode K-Means (Studi Kasus Di Toko Adi Bangunan). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 83–91. https://doi.org/10.36378/jtos.v1i2.24.

Metisen, B. M., & Sari, H. L. (2015). Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila. J. Media Infotama, vol. 11, pp. 110-118.

Rohmawati, N., Defiyanti, S., & Jajuli, M. (2015). Implementasi Algoritma K-MEANS dalam Pengklasteran Mahasiswa Pelamar Beasiswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(2), 62-67.

M. Sanwlani, “F ORECASTING SALES THROUGH TIME SERIES C LUSTERING,” vol. 3, no. 1, pp. 39– 56, 2013.

V. Shrivastava, P. Arya, and M. T. S. Systems, “International Journal of Computing , Communications and Networking Available Online at http://warse.org/pdfs/ijccn04122012.pdf A Study of Various Clustering Algorithms on Retail Sales Data,” 2012.

A. Benet-zepf, J. A. Marin-garcia, and I. Küster, “Clustering the mediators between the sales control systems and the sales performance using the AMO model : A narrative systematic literature review,” vol. 14, no. 2, pp. 387–408, 2018.

Fadli, A. (2011). Konsep Data Mining. Pohon Keputusan, vol. 1, pp. 1-9.

Suprayogi. (2013). Data Mining Clustering. J. Chem. Inf. Model., vol. 53, pp. 1689-1699.

Diterbitkan

2023-05-30

Terbitan

Bagian

Articles